Kamis, 13 September 2007

05. Diagnosa yang tertunda

Hari Jum’atnya … Pas mau pulang dari RS… rasa penasaran terhadap hasil PA Tahun 2005 kembali muncul …, selain itu … saya merasa wajib punya file yang lengkap tntang kondisi kesehatan saya. Jadinya sebelum pulang melacak dulu keberadaan hasil PA yll. Katanya ... Paviliun Garuda tuh lebih bagus pelayanannya… ini nyari hasil PA aja susahnya minta ampun … padahal hari dan tanggalnya jelas tercatat…. padahal juga ….. sudah tak tanyaain sejak hari pertama masuk RS…., ke beberapa orang suster dan pakter (suster yg laki) tetep aja sampai pulang musti tak urus sendiri, tak tungguin di depan lab sampai hasilnya ketemu.
Tentang hasil PA Sept 2005 ini … ceritanya…., dulu pas membaca hasil PA operasi pertama … dokternya ga sepakat mengenai jenis tumornya. Dokter saya bilang …. Tumor jinak, hasil PA-nya tertulis ganas. Terus … hasil PA tsb dikembalikan ke lab untuk diperiksa lagi. Ya saya percaya aja sama dokter saya … waktu itu ga kepikiran untuk meminta hasil pemeriksaan ulang….
Setelah 2 tahun berlalu …. saya baru tau isi diagnosa yang sebenarnya :
No. Register : 5161192
Diagnosa Klinis : TMD dan Sin C Jinak
Analisa :
1. Sediaan mammae kanan sisa potong beku berupa jaringan kurang lebih 1 cc. Mikroskopis menunjukkan : kelompok-kelompok sel ganas berstruktur kelenjar, sel-sel berinti hiperchromatik bentuk pleiomorfik, mitosis dapat ditemukan sel ganas sudah menginvasi ke dalam stroma di sekitarnya. Sesuai dengan Carcinoma ductus invasive mammae (grade II)
2. Sediaan mammae kiri sisa potong beku berupa jaringan penampang 1 cm. Mikroskopik menunjukkan proliferasi ductus dan acinus dalam jaringan ikat fibromyxomatous. Sesuai dengan : Fibro adenoma mammae.

Tgl periksa : 29 September 2005 yg meminta : dr, …. SPB, SPBONK
Tgl selesai : 04 Oktober 2005 yg menjawab : dr. ….. P. Sp. PA

Membaca hasil PA 2 tahun yll tersebut ... saya masih tenang-tenang aja ... meski udah browsing untuk memahami lebih dalam ... Yang panik malah orang-orang di sekeliling saya ... adik ipar saya (obgyn) kontan ribut ... waduh ... kalau sebelum operasi kemarin ketemu hasil itu .... bisa diangkat total tuh mbak ... sampai ke kelenjar getah bening sekalian dibersihkan. Begitu pula dengan Kakak2 dari suami saya ... mereka pada panik ... kamu itu sudah 2 tahun mendapatkan stadium 2 kok tenang-tenang aja ... ga diterapi lagi ... bahaya sekali itu ...!
Ya Allah ... saya kok tidak merasa panik sama sekali ... justru saya sangat bersyukur ... Alhamdulillah ... Alahamdulillah ... Alhamdulillah ... selama 2 tahun ini saya masih bisa hidup normal ... masih bisa jalan2 kemana saja ... masih makan enak (meskipun sejak operasi pertama sudah diet ketat pakai pola makan Food Combining) tanpa khawatir ada sesuatu yang mengganggu di tubuh saya ... tanpa depresi ... yg biasa menemani penderita kanker ....

1 komentar:

Lifebuoy berbagi sehat mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.