Selasa, 11 September 2007

03. Eh ... ketemu lagi ...

Suatu sore tanggal 27 Des 2005 atau selang 2 bulan setelah operasi, saya menemukan lagi benjolan kecil di tempat yang sama (di bawah payudara sebelah kanan). Spt biasa … suami yang paling ribut … ayo, segera periksa ke dokter…. Jangan ditunda! Menurut dokter … memang ada orang2 yang berbakat tumbuh benjolan seperti ini … Walah … bakat kok ya benjolan … bakat tuh milih yang kreatif gitu loh … bakat artis kek .. bakat nulis kek …Tapi apapun bakatnya … kan kita ga bisa milih ya… ? apapun bakat yang ada di dalam diri kita adalah karunia Allah … yang harus selalu kita syukuri … apapun bentuknya. Saat periksa tadi, dibilangin untuk terus memantau perkembangannya… tidak boleh di apa-apain … maksudnya jangan dipijat, jangan dipanasin (dikompres) dst …

Rabu, 22 Maret 2006, benjolan tersebut terasa makin membesar, akhirnya periksa ke dokter lagi dan dilakukan USG.
Hasil USG : 22 Maret 2006
Mammae dextra : tampak massa kistik volume 0,5 ml, jam 5 – 12 cm posterior areolla
Mammae sinistra : tampak massa kistik kecil volume 0,2 ml, jam 3 – 10 cm lateral areolla
Axilla dextra & sinistra : tak tampak pembesaran.

Dengan hasil USG tersebut, Menurut dokternya, tidak perlu terburu-buru dilakukan operasi. Dipantau aja terus... Tanpa diberikan pengobatan apapun. Bila terus membesar akan dilakukan tindakan operasi kecil dengan jarum utk menyedot cairannya.

Dari hari ke hari, tumor makin membesar, berbatas tegas , konsistensi padat, dapat digerakkan dari dasar dan tidak terdapat kelainan pada kulit diatasnya, kadang terasa sedikit nyeri, terutama kalau pas mau kedatangan tamu bulanan.

Pada bulan Juli 2007, kondisi tumor yang makin besar (hampir sebesar telur puyuh), membuat khawatir suami, sehingga menyarankan untuk segera operasi.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

pa, kalaau hasilnya kgb axille dextra
bagaimana

Unknown mengatakan...

pa, kalaau hasilnya kgb axille dextra
bagaimana