Selasa, 11 September 2007

01. Awal berkenalan dg tumor

Kamis, 14 April 2005.... Saat istirahat di sore hari setelah kerja seharian ... saya menemukan benjolan kira-kira sebiji kacang tanah di bawah payudara kanan. (Lokasi tepatnya ada di garis (maaf) BH sebelah kanan bawah) Apa ini ya ... ? Ah ... mungkin kelenjar yang membesar ... karena siklus bulanan yang baru selesai hari Rabu kemarin. Coba tunggu 7 hari lagi ...

Karena saya pernah membaca saat iseng browsing di internet .... untuk melakukan deteksi dini atau biasa disebut sadari sebaiknya dilakukan 7-10 hari setelah menstruasi selesai. Pada saat itu, payudara terasa lunak. Tujuan SADARI adalah untuk merasakan dan mengenal lekuk-lekuk payudara sehingga jika terjadi perubahan dapat segera diketahui. (mau baca selengkapnya? bisa dilihat di http://www.tabloidnova.com/articles.asp?id=13280&no=1)

Setelah 7 hari berlalu ... lho .. kok masih ada? eh, masih nanya lagi ... ini apa ya ...? Cuek aja ah ... masih kecil gini.

Meskipun mulut bilang ... cuek aja, ternyata batin ga terima! Malamnya ... tengah malam tepat jam 12 ... tiba-tiba terbangun dari tidur lelap & tdk bisa bisa tidur lagi. Ya udah ... dari pada memaksa tidur, terus sholat aja ..., terus baca-baca buku sampai pagi. Seharian ini perut gak enak, mules & sakit terutama di bagian tengah (ulu hati).

Kalau diingat-ingat ... memang sudah beberapa waktu ini (kira2 setengah tahun-an) di lokasi benjolan itu ... kalau dipijit sering terasa sakit (saya hobby berat pijit nih). Kalau pas kesentuh sama mbok pijitnya ... kontan teriak kesakitan.


Tidak ada komentar: